test
Игровой автомат 3 Lucky Rainbows
Семяныч официальный сайт марихуаны.9
Autodesk AEC Collection software deals
Oral administration of boldenone and boldione to veal calves: disposition and elimination rate of boldenone metabolites
Anti-Boldenone Polyclonal Antibody VWR
Tim Pengabdian Masyarakat UNIVRAB meraih Juara 1 Presenter Terbaik pada Hibah Kosabangsa DRTPM
Farmasi Univrab me-launching-kan HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative Teknologi Terbaru dan Satu-satunya di Indonesia
Farmasi Univrab mengadakan Kuliah Umum dengan Mengangkat Tema Hilirisasi Produk Nanoteknologi
HIMAFARSI Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Ayo Belajar Bersama” dengan Anak-anak Jalanan

Pengabdian kepada Masyarakat mengenai Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas sebagai Sabun Cuci Piring oleh Mahasiswa Farmasi

Telah terlaksana Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Ihsanul Fikri dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas sebagai Sabun Cuci Piring di Jl. Kereta Api, Gg. Muhajirin, Kec. Marpoyan Damai”.

Kegiatan penyuluhan dilakukan secara terjadwal dan terstruktur yang dilakukan kepada ibu – ibu PKK RT 02 Gg. muhajirin yang berusia sekitar 30 – 40 tahun. Permasalahan utama di Gg. muhajirin ini adalah tingginya kebutuhan sabun cuci piring dimana ibu-ibu menggunakan sabun cuci piring setiap hari untuk membersihkan alat-alat rumah tangga. Selain kebutuhan sabun cuci piring permasalahan yang timbul adalah banyaknya limbah masyarakat seperti kulit nanas dimana banyak dikonsumsi oleh masyarakat, padahal kulit nanas memiliki kandungan klor, iodium, fenol dan enzim bromealin yang dapat menahan pertumbuhan bakteri. karena kulit nanas bisa sebagai penghambat bakteri maka dapat dijadikan sebagai bahan Sabun cuci piring.

Melalui program kegiatan ini, Pengabdian masyarakat tentang optimalisasi pemanfaatan limbah kulit nanas sebagai sabun cuci piring memberikan dampak positif terhadap masyarakat. Untuk itu dapat dilakukan kembali pengabdian masyarakat ke tempat-tempat lainnya agar dapat memberikan informasi ke masyarakat luas untuk menambah pengetahuan dan pendapatan  ibu- ibu PKK tersebut Dan dengan adanya Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap ibu-ibu PKK. Untuk itu ketua PKK dapat mengembangkan usaha pembuatan sabun cuci piring dari limbah kulit nanas ini kepada masyarakat di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *