test
Игровой автомат 3 Lucky Rainbows
Семяныч официальный сайт марихуаны.9
Autodesk AEC Collection software deals
Oral administration of boldenone and boldione to veal calves: disposition and elimination rate of boldenone metabolites
Anti-Boldenone Polyclonal Antibody VWR
Tim Pengabdian Masyarakat UNIVRAB meraih Juara 1 Presenter Terbaik pada Hibah Kosabangsa DRTPM
Farmasi Univrab me-launching-kan HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative Teknologi Terbaru dan Satu-satunya di Indonesia
Farmasi Univrab mengadakan Kuliah Umum dengan Mengangkat Tema Hilirisasi Produk Nanoteknologi
HIMAFARSI Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Ayo Belajar Bersama” dengan Anak-anak Jalanan

Tim Dosen dan Mahasiswa Univrab melakukan Branding Produk Jamu SITOGA pada Kelompok UMKM di Desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar

1 Juni 2022 lalu telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Branding Produk Jamu SITOGA” pada kelompok ibu-ibu UMKM di Desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Dosen S1 Farmasi Universitas Abdurrab Ibu apt. Wahyu Margi Sidoretno, M.Farm dengan anggota Ibu apt. Isna Wardani, M.Farm, Dr. Yuharika Pratiwi, M.Kes (Dosen Kedokteran Univrab) dan Ibu Suci Shinta Lestari, S.Sos., M.I.K (Dosen Ilmu Komunikasi Univrab) serta berkolaborasi juga dengan Rehan Sasli Ramadhan (mahasiswa Prodi S1 Farmasi), Yogi Pratama (mahasiswa Anafarma), dan Dandi Cahyo Ramadhan (mahasiswa Ilmu Komunikasi).

Pemilihan tempat pengabdian ini didasarkan pengembangan tempat produksi sebelumnya Ibu apt. Wahyu Margi Sidoretno, M.Farm telah memberikan pelatihan dan workshop pembuatan jamu yang berbahan dasar TOGA yang dapat di tanam di halaman rumah. Pada kegiatan sebelumnya juga diberikan pelatihan produksi dan pemasaran jamu SITOGA melalui media social maupun lewat pameran. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diberikan pelatihan lanjutan yakni ‘branding’ untuk peningkatan penjualan dan pendapatan.  

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaktivitas bisnis dengan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi ini terdiri dari peningkatan pengetahuan tentang branding produk jamu yang dapat terdiri dari packing, foto produk menggunakan smartphone dan membuat akun di toko oline seperti marketplace, dan akun media sosial .

Sebagai usaha berbasis tanaman obat keluarga, ketua pengabdian masyarakat Ibu apt. Wahyu Margi Sidoretno, M. Farm. mengharapkan kegiatan ini sekaligus dapat menjadi upaya budidaya tanaman obat untuk keluarga secara mandiri dan sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai upaya kesehatan bersumberdaya manusia sebagai wujud nyata peran masyarakat dalam pembangunan kesehatan khususnya bagi keluarga yang tidak memiliki akses mudah ke pelayanan medis seperti klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. “Tanamannya dapat ditanam di dalam pot di pekarangan rumah, dapat diolah untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan keluarga dan sekaligus dapat dikomersilkan sehingga dapat menambah penghasilan. Ketahanan keluarga, ketahanan finansial InsyaAllah dapat diwujudkan” ujarnya.     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *